9 Tips Solo Travelling untuk Cewek


Segala aktivitas yang Anda lalui bisa saja membuat penat dan bosan. Ada baiknya menyempatkan waktu untuk refreshing. Bisa dengan mengambil cuti libur atau bisa juga memanfaatkan waktu weekend untuk jalan-jalan ke kota terdekat. Travelling memang kegiatan yang menyenangkan. Tapi, kadang-kadang jadwal kita tidak selalu sama dengan jadwal teman, sehingga sulit mencari waktu yang tepat. Lalu bagaimana? Solo traveling bisa menjadi pilihan Anda untuk menikmati hari libur Anda.

Solo travelling memang terlihat menyeramkan untuk wanita karena bepergian sendirian tanpa ada yang menemani/ menjaga  keamanan. Belum lagi Anda merasa bosan karena tidak ada teman ngobrol. Apalagi bila tersesat tidak bisa minta bantuan karena perge sendirian.

Sebaiknya Anda hilangkan dulu semua kekhawatiran Anda diatas. Travelling itu seharusnya bisa menikmati "perjalanannya". Bukan malah berlebihan memikirkan kekurangan yang tidak didapatkan. Segala kegiatan jalan-jalan baik sendiri maupun beramai-ramai selalu  memiliki resiko sendiri-sendiri. Namun dengan selalu memikirkan resiko terus menerus, bagaimana bisa menikmati travellingnya?

Perencanaan yang matang untuk melakukan solo travelling adalah kunci untuk menghindari resiko. Berikut adalah beberapa persiapan yang perlu dilakukan untuk Solo Travelling.

Melakukan riset mendalam tentang destinasi yang dituju


Zaman modern sekarang ini Anda bisa mencari tahu sesuatu sejelas mungkin. Tinggal mengetikkan nama tempat yang ingin diketahui di google. Berbagai informasi penting dan segala berita terbariu dapat Anda pelajari. Mulai dari lokasi menginap, biaya transportasi, peta lokasi, hingga tips yang berguna saat menjelajahi tempat tersebut. Jadi saat tiba di sana tidak perlu bingung mau melakukan apa. Penting sekali mempersiapkan segala info, karena Anda akan melakukan perjalanan sendirian

Persiapkan alat pelindung keselamatan


banyak sekali tantangannya kalau ingin Solo Travelling. Kalau memang bisa beladiri mungkin tidak terlalu khawatir. Kalau tidak bisa? cukup bawa alat pelindung keselamatan. Misalnya saja membawa paper spray (semprotan merica). Letakkan di tempat yang gampang dijangkau.

Cari penginapan yang dekat dengan akses transportasi dan tempat makan


Travelling memang mengasyikkan sehingga bikin lupa waktu. Kadang Anda berangkat pagi sekali dan pulang tengah malam. Agar tetap aman, sebaiknya Anda mencari penginapan yang mudah mengakses makanan dan transportasi. Sekalipun pulang malam, tidak perlu khawatir sendirian menuju penginapan. Begitu juga jika anda kelaparan, posisi yang strategis membuat anda bisa mencari makanan di malam hari tanpa jauh-jauh mencari.

Gunakan pakaian yang sesuai dengan budaya setempat


Maksudnya bukan berarti Anda memakai kimono waktu jalan-jalan ke jepang, atau memakai kain sari saat melancong ke India. Yang dimaksud adalah menyesuaikan budaya agar tidak dilihat dengan pandangan aneh oleh penduduk setempat. Misalnya, untuk penduduk mayoritas muslim Anda memakai pakaian yang menutup Aurat. Sehingga Anda tidak terlalu terlihat seperti turis dan dapat membaur  dengan keadaan sekitar. Selain itu akan lebih aman jika tidak terlalu menarik perhatian. Selain menyesuaikan dengan budaya, sesuaikan juga dengan musim. Akan terlihat aneh jika Anda menggunakan tanktop dan hotpants saat musim dingin.

Bawa pakaian yang dapat mix n match


Paling penting nih saat travelling. Membawa pakaian yang dapat dipadukan dengan baik dengan pakaian lainnya. Kadang kita ingin sekali membawa bermacam baju yang ada di lemari. Tapi tidak mungkin kita membawa semuanya. Begitu juga  dengan sepatu. Anda tidak perlu membawa high heels jika memang  tidak terlalu penting. Sneakers atau flat shoes adalah pilihan yang sesuai.

Batre handphone dan powerbank adalah proritas utama


Saat solo travelling, Anda akan lebih banyak mengandalkan handphone untuk mencatat segala keperluan, mencari destinasi menggunakan Maps, dan untuk menghubungi kontak yang diperlukan saat darurat. Jadi sebelum meninggalkan penginapan, pastikan batre handphone dalam keadaan penuh. Tidak lupa untuk selalu membawa powerbank untuk mengantisipasi perjalanan yang jauh dan lama.

Dengan melakukan solo travelling, Anda akan ditantang untuk mengetahui batas dari kemampuan sendiri. Anda akan dituntut untuk beradaptasi dengan  lingkungan yang baru. Selain itu Anda akan mendapatkan banyak  sekali pengalaman baru. Kepercayaan diri anda akan bertambah karena Anda mudah berkomunikasi dengan orang-orang baru. Begitu juga dengan mengenali diri sendiri karena ada banyak waktu merenung dan menikmati perjalanan bersama diri sendiri.








Previous Post
Next Post

post written by:

1 komentar: