Wisata Belitung, Museum Kata Andrea Hirata begitu unik

Tentu Anda mengenal karya sastra berjudul Laskar Pelangi. Begitu besar animo masyarakat terhadap buku Andrea Hirata ini membawa perubahan besar di Belitung.

Novel Laskar Pelangi menjadi karya yang sangat sukses. Andrea Hirata berhasil memberikan inspirasi dari kisah-kisah seru dari novelnya. Ditambah lagi film layar lebar Laskar Pelangi ikut membesarkan nama Belitung yang merupakan tanah kelahiran penulis novelnya.

Begitu derasnya informasi keindahan Belitung pasca film Laskar Pelangi, membuat  pariwisata Belitung meningkat drastis. Banyak wisatawan berdatangan untuk menyusuri jejak Ikal dan teman-temannya (tokoh Laskar Pelangi) sambil eksplorasi keindahan pulau Belitung. Lokasi favorit yang menjadi tujuan wisata adlah SD Laskar Pelangi, Tambang Timah Kolonial Belanda, pantai dengan batu-batu besar, dan Museum Kata Anrea Hirata

Uniknya Museum Kata Andrea Hirata


Andrea Hirata mendirikan Museum ini tahun 2010. Letaknya di Jalan Raya Laskar Pelangi no.7, Gantong, Belitung Timur. Musium Kata memamerkan berbagai jenis literatur, mulai dari musik, seni, anak dan masih banyak lagi. Tentu saja Anda bisa melihat berbagai novel karya Andrea Hirata, kurator museum ini.

Museum ini merupakan satu-satunya di Indonesia, karena mempunyai berbagai keunikan. Dengan idealismenya Andrea Hirata menanamkan bagian-bagian khusus pada musium Kata ini. Misalnya saja terdapat kantor pos untuk memnulis surat dan mengirimkan kartu pos. Ada juga kedai kopi yang bernama kedai kopi kuli. Museum ini dijalankan oleh Andrea hirata dibantu oleh beberapa warga. Ia juga ikut berperan pada dunia pendidikan setempat. Andrea Hirata ikut mengajar anak-anak dalam belajar Bahasa Ingris.

Arsitektur museum Kata sangat unik. Terdiri dari pajangan foto dan bermacam kata-kata. Dan ternyata museum ini bagian depannya merupakan bangunan yang berumur lebih dari 200 tahun. Bangunan yang sangat bersejarah dan perlu dilestarikan.

Bagaimana transportasi ke Museum Kata


Museum ini terletak di Belitung Timur, jaraknya lumayan dekat dengan Bandar Udara Hanandjoeddin, sekitar 1 jam perjalanan saja. Lebih mudah menghubungi travel agent untuk berkunjung ke sana, karena anda kana diantar tanpa melewatkan destinasi wisata disekitarnya.

Penginapan di sana


Banyak sekali penginapan di sekitas sana, sekaligus bisa Anda gunakan untuk tempat tinggal sementara saat berwisata di belitung. Diantaranya ada Desta Homestay, Bukit Samak A1 cottage, penginapan Bukit  Samak dan lain-lain. Lebih baik Anda menghubungi Agen Travel terpercaya untuk mendapatkan tempat.

Ayo ajak teman dan keluarga mengunjungi destinasi wisata ini. Share artikel ini di grup atau media sosial Anda.




Komentar

Entri Populer