Ini 8 Cara Hunting Tiket Pesawat Murah

Membeli tiket pesawat kadang seperti berjudi. Bahkan, sebagian orang menganggapnya sebagai suatu seni yang memerlukan keahlian dan keberuntungan. 

Ada kalanya bisa mendapatkan tiket pesawat murah dari biasanya di luar masa promo. Namun, ada kalanya mendapatkan harga tiket yang tinggi meskipun sudah berminggu-minggu mencari.

Sejumlah maskapai menawarkan promo dengan aturan yang bisa dikatakan sedikit kejam. Harga murah hanya terlihat dalam beberapa detik. Ketika berhasil dipilih, ternyata tiket yang dimaksud sudah habis saat kita melakukan proses pembelian. Meski demikian, ada 10 tips yang bisa dipraktekkan untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga paling murah.

Berikut tips 'hunting' tiket pesawat untuk mendapatkan harga paling murah:


1. Rencanakan perjalanan jauh-jauh hari.

Free stock photo of people, coffee, working, notes

Jika anda ingin pergi besok dan baru mencari tiket hari ini, maka kesempatan untuk mendapatkan tiket paling murah akan sangat kecil. Karena itu, semakin cepat anda mencari tiket, akan lebih baik.
Hampir sebagian besar maskapai merekomendasikan pembelian tiket setidaknya dua minggu sebelum hari keberangkatan. Itu kalau anda mau mendapatkan harga paling murah. Beberapa diantaranya bahkan merekomendasikan hingga lebih dari tiga minggu. Kalau perlu cek di website pemesanan tiket terbaik.

Maskapai akan menaikkan harga tiket mendekati hari perjalanan. Hal itu dilakukan karena bisnis perjalanan tidak fleksibel. Untuk mengecek harga paling murah, akan lebih baik jika anda mencari berbulan-bulan sebelum hari keberangkatan. Bahkan, kalau perlu, anda mengecek harga tiket tidak hanya sekali dalam satu minggu.


2. Sering-seringlah Cek Harga Tiket

Free stock photo of person, woman, cup, mug
Di luar masa promo, memang harga tiket paling murah dicantumkan dengan acak. Untuk mengecek harga tiket, anda bisa memanfaatkan sejumlah situs online seperti skyscanner.com atau langsung ke situs maskapai bersangkutan. 

Disarankan, anda mengecek harga tiket sesering mungkin. Tidak hanya sekali per hari tetapi beberapa kali. Meski absurd, idealnya, anda mengecek harga tiket tiap jam


3. Buat Pemberitahuan Harga Tiket

Layanan pemberitahuan harga tiket biasanya disediakan oleh situs yang melayani pembelian tiket. Sejumlah situs melayani rute secara spesifik. Lainnya, anda sendiri yang harus membuat peringatan. 

Lantaran harga tiket berubah sangat sering, maka akan penting bagi anda untuk memesan dengan cepat begitu pemberitahuan datang. Meski demikian, sejumlah faktor kadang membuat harga tiket berubah secepat kilat. Jika anda berniat ke luar negeri seperti Eropa atau AS, situs Expedia, Travelocity and Priceline merupakan situs terkenal yang menyediakan agen perjalanan.


4. Pertimbangkan Transit

Dalam perjalanan udara dikenal istilah transit yang memungkinkan harga tiket lebih murah. Jika anda tidak mempermasalahkan transit, karena punya banyak waktu maka pertimbangkan hal tersebut. 

Untuk membuat perjalanan dengan transit dahulu, khususnya untuk rute internasional, disarankan anda membuat dua pencarian. Pertama, cari rute. Misalnya anda ingin dari Jakarta ke Bangkok, anda bisa transit di Kualalumpur. Kedua, anda mencari rute lanjutan untuk penerbangan dari Kualalumpur ke Bangkok.


5. Pertimbangkan Bandara Lain

People Walking on Path Through Glass Walls at Daytime
Sebagian besar wisatawan memilih bandara internasional. Namun, sejumlah negara memiliki bandara lain yang lebih kecil. Maskapai sering menarik biaya penggunaan bandara kepada costumer. Bandara yang lebih kecil biasanya menarik biaya yang lebih kecil. Dengan itu, biaya yang harus ditanggung costumer pun lebih kecil.


6. Pilih Hari dan Jam yang Tepat

Jika anda pergi pada hari Jumat dan kembali pada Ahad, sampai pada malam hari, biasanya maskapai memasang harga tiket yang cukup tinggi di hari dan jam tersebut. 

Memang tergantung setiap rute, namun biasanya maskapai memasang harga paling murah pada Selasa dan Rabu. Harga tiket pada Senin dan Sabtu lebih murah, khususnya untuk keberangkatan subuh dan tengah malam. Untuk liburan pada Jumat dan Ahad, harga tiket akan lebih murah pada jam-jam sibuk dimana seharusnya anda masih liburan. 

Aturan harga tiket itu sebenarnya sederhanya: sedikit permintaan maka harga pun semakin murah.


7. Bandingkan Harga

Anda perlu membandingkan harga tiket sejumlah maskapai untuk mendapatkan harga yang paling murah. Sedikitnya, bandingkan tiga atau empat maskapai untuk mendapatkan harga yang paling murah. Oleh karena itu cari tiket melalui website pemesanan tiket terbaik.

Sejumlah maskapai membebani biaya tambahan seperti bagasi, makanan, atau pindah kursi dalam satu paket. Namun, ada juga maskapai yang memisahkan biaya tambahan itu sehingga anda bisa menghilangkannya untuk mendapatkan harga yang paling murah.


8. Baca baik-baik aturan pembelian


Ini memang sedikit menjengkelkan. Anda telah membeli tiket murah, namun ada masalah dengan maskapai sehingga perjalanan anda harus dibatalkan. Kadang, maskapai menawarkan pengembalian uang atau refund. Akan tetapi, seringkali pengembalian itu dalam bentuk kredit atau voucher untuk perjalanan di masa mendatang. 

Voucher tersebut memiliki masa berlaku. Jika anda hampir selalu terbang dengan maskapai yang sama, anda bisa memanfaatkan voucher tersebut. Karena itu, anda sebaiknya baca baik-baik aturan pembelian jika tidak ingin dirugikan maskapai. 


Komentar

Rekomendasi