Inilah Negara-negara dengan Biaya Travelling Lebih Murah dari Indonesia



Numbeo, situs database terbesar di dunia untuk data kontribusi user terkait harga dan biaya, membuat penelitian Cost of Living Index for Country 2015. Riset ini mengungkapkan 119 negara dengan biaya hidup paling mahal sampai paling murah. Hal ini penting bagi para traveler karena ketika bertualang ke luar negeri, mereka akan mencicipi biaya hidup sehari-hari penduduk di negara itu, mulai dari urusan makan sampai transportasi. Numbeo mengukur harga barang kebutuhan sehari-hari, biaya makan di restoran dan ongkos transportasi.
Dari penelitian ini pun didapatkan bahwa Consumer Price Index Indonesia adalah 39,35%. Negara yang indexnya lebih rendah dari 39,35% berarti biaya hidupnya lebih rendah dari Indonesia.

Jadi, Negara Mana Saja yang Lebih Murah dari Indonesia? 


1. Bangladesh -



Bangladesh termasuk salah satu negara dengan biaya hidup lebih murah dari Indonesia, dengan Consumer Price Index 39,22%. Negara ini pun bisa jadi pilihan destinasi liburan yang menarik. Ada Benteng Lalbagh yang menjadi favorit turis dan telah berdiri sejak abad ke-17 di tepian Sungai Buriganga, Dhaka.
Bagi turis Indonesia, berlibur ke negara ini tidak perlu budget yang terlalu besar. Misalnya, rata-rata secangkir cappucino hanya Rp 19 ribu, coca cola botol kecil hanya Rp 4.400 dan makan di restoran mahal dengan three course meal hanya Rp 167 ribu.


2. Kolombia -




Biaya pesawat untuk terbang ke Kolombia dari Indonesia mungkin agak mahal, tapi biaya hidup di sana ternyata lebih murah dari di Indonesia lho. Berbagai lokasi wisata menarik pun tersedia di negara yang penduduk wanitanya dikenal cantik-cantik ini. Ada Sungai Cano Cristales yang punya 5 warna berbeda. Sungai ini sungguh unik dan belum tentu bisa ditemukan di negara lain. Selain itu, ada pula Gutape Rock yang merupakan batu besar dengan 649 anak tangga yang bentuknya zig-zag, mirip seperti resleting!
Biaya selama di Kolombia cukup terjangkau. Seperti rata-rata harga secangkir cappucino hanya Rp 16 ribu dan setengah kilo apel Rp 10 ribu.

 3. Macedonia -





Macedonia jadi salah satu negara di Eropa yang biaya hidupnya lebih murah dari Indonesia. Saat liburan ke sana, sempatkan mampir ke Skopje, ibukota Macedonia yang menjadi rumah bagi berbagai landmark kuno. Seperti, patung raksasa Alexander The Great dan Triumphal Gate yang mirip Arc de Triomphe.
Untuk rata-rata biaya hidup seperti makanan, minuman dan transportasi, Macedonia tergolong lebih murah dari Indonesia dengan Consumer Price Index 37,41%. Harga roti tawar misalnya, hanya Rp 5 ribu. Setengah kg apel juga bisa didapatkan hanya dengan Rp 3 ribu.

4. Mesir -





Mesir merupakan negara yang terkenal dengan Piramida Giza ini rupanya punya biaya hidup yang lebih murah dari Indonesia. Consumer Price Indexnya sebesar 37,22%, lebih rendah sekitar 2% dibandingkan dengan Indonesia.
Sebagai gambaran, rata-rata harga seliter susu adalah Rp 13 ribu dan segepok roti tawar Rp 9.500. Harga taksi mulai dari Rp 5 ribu. Biaya taksi per 1 km juga tergolong murah, yaitu Rp 4 ribu.

 5. Moldova -




Moldova juga menjadi negara di Eropa yang biaya hidupnya lebih murah dibandingkan dengan Indonesia. Negara yang bertetangga dengan Ukraina ini juga asyik untuk liburan karena punya berbagai objek wisata populer. Salah satunya adalah Biara Tipova yang menyerupai gua di dalam tebing.
Biaya untuk makan, minum dan lain sebagainya di negara ini cukup terjangkau. Rata-rata harga seliter susu hanya Rp 6 ribu. Harga roti tawar hanya Rp 3 ribu, selusin telur Rp 12 ribu dan setengah kg apel hanya Rp 3 ribu. Jika ingin menikmati cappucino ala Eropa, harga secangkir cappucino di Moldova juga lebih murah, yaitu hanya Rp 15 ribu.

 6. Aljazair -




Aljazair punya banyak objek wisata religi seperti Masjid Ketchaoua yang berdiri sejak abad ke-17. Negara ini juga akan punya menara masjid tertinggi di dunia di Kota Aljir. Berkunjung ke negara ini tentunya akan sangat menyenangkan, apalagi biaya hidupnya lebih murah dari Indonesia.
Rata-rata harga secangkir cappucino hanya Rp 8 ribu. Harga sekilo apel hanya Rp 21 ribu, 1 liter susu Rp 4 ribu, roti tawar Rp 2 ribu. Harga taksi per km juga murah, yaitu Rp 3.900. 

7. Tunisia -




Tunisia punya berbagai destinasi menarik baik di darat maupun laut. Ada reruntuhan kota kuno Carthage hingga resor keren di Port el Kantaoui yang dibangun tahun 1989 lalu. Dengan biaya terjangkau, traveler Indonesia bisa menikmati liburan yang menyenangkan di Tunisia.
Sebagai contoh, rerata harga roti tawar hanya Rp 1.800. Harga makanan lain juga lebih murah, seperti selusin telur Rp 14 ribu, seliter susu Rp 7 ribu dan secangkir cappucino Rp 9 ribu.

 8. Pakistan -




Pakistan punya beberapa benteng di gurun pasir yang unik, seperti Benteng Derawar. Liburan ke negara ini tak perlu budget besar karena biaya hidupnya lebih murah daripada di Indonesia.
Rerata harga seliter susu Rp 10 ribu, roti tawar Rp 6 ribu dan selusin telur Rp 13 ribu. Harga buah-buahan segar seperti jeruk juga tergolong murah, hanya Rp 9 ribu. Kalau mau mencoba restoran mahal dengan three course meal harganya masih lumayan, hanya Rp 127 ribu.

 9. Nepal -




Nepal menjadi salah satu negara yang menjadi rumah bagi gunung tertinggi di dunia yaitu Everest. Biaya hidup di Nepal lebih rendah daripada di Indonesia. Consumer Price Index Nepal hanya 28,85%, lebih rendah sekitar 10% dari Indonesia. Harga makanan, minuman dan transportasi pun jadi cukup terjangkau.
Misalnya, rerata harga makan di restoran mahal cuma Rp 90 ribu. Harga 1 liter susu hanya Rp 7 ribu, roti tawar Rp 6 ribu, sekilo jeruk Rp 13 ribu dan masih banyak lagi harga kebutuhan hidup lainnya yang sangat terjangkau.


 10. India -




India, sebuah negara penghasil film Bollywood ini rupanya punya biaya hidup yang cukup terjangkau bagi traveler Indonesia. Negara yang menjadi tempat bagi Taj Mahal yang tersohor ini Consumer Price Indexnya berada di angka 26,27%, lebih rendah sekitar 13% dengan Indonesia.
Rata-rata harga kebutuhan seperti menjajal makanan di restoran mahal dengan three course meal hanya Rp 103 ribu, secangkir cappucino Rp 15 ribu, seliter susu Rp 8 ribu dan roti tawar Rp 9 ribu, semuanya lebih murah daripada di Indonesia. Bepergian naik taksi juga murah karena biaya per km nya cuma Rp 3 ribu.

Komentar

Entri Populer