7 Gunung yang menjadi upacara memperingati kemerdekaan indonesia



Hari kebanggaan bagi bangsa Indonesia sebentar lagi akan datang, yaitu adalah 17 Agustus hari paling bersejarah bagi bangsa Indonesia. Dimana menjadi saksi bisunya Mencapai Indonesia merdeka, butuh perjuangan keras bagi Bangsa ini untuk mencapai kemerdekaan tersebut. 

Kita dapat saksikan setiap tahunnya jajaran pemerintah melakukan upacara sakral untuk mengenang jasa-jasa perjuangan Indonesia merdeka. Anak muda sekarang tidak mau kalah dengan bentuk penghormatan kepada bangsa kita ini, salah satunya dengan mendaki pegunungan. Untuk mengadakan upacara sakral tersebut


1. Gunung Semeru



Gunung Semeru yang terkenal  dengan Puncak Mahameru ini tidak pernah sepi dari pendaki. Terlebih lagi dengan kehadiran gunung semeru di film 5 cm. pada tanggal 17 Agustus, gunung Semeru banyak dikunjungi oleh para pendaki  untuk memperingati kemerdekaan Indonesia. Gunung yang mempunyai tinggi 3676 mdp ini termasuk gunung yang masih aktif.

 2. Gunung Merapi

Bukan hanya sekedar  Semeru, Gunung Merapi yang mempunyai ketinggian 2930 mdpl juga ramai dikunjungi pada saat 17 Agustus. Gunung Merapi adalah gunung teraktif di Indonesia, tetapi tidak menurunkan jiwa semangat para pendaki untuk melakukan upacara diatas gunung ini.  Pasar Bubrah di lereng Gunung Merapi merupakan tempat yang biasa menjadi tempat favorite untuk melakukan upacara bendera atau disekitar tempatnya pada ketinggian 2930 mdpl.

3. Gunung Prau

A post shared by abdul aziz (@ajisbopak) on
Gunung Prau berada di Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah. Gunung ini mempunyai ketinggian 2565 mdpl dan juga tidak memiliki jalur yang  ekstrim. Untuk Kalian para pendaki yang masih pemula dan ingin merayakan kemerdekaan diatas gunung, Gunung Prau merupakan pilihan yang pas, karena gunung yang satu ini adalah gunung yang populer.  Prau adalah tujuan wisata alam yang bisa memanjakan mata untuk para pendaki. Dari atas puncak, Kalian bisa melihat panorama  gunung-gunung dari puncak tersebut seperti Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi, serta Slamet.

 4. Gunung Merbabu


Gunung Merbabu adalah satu diantara gunung yang seringkali di jadikan tempat untuk merayakan kemerdekaan. Gunung ini mempunyai 4 jalur yaitu Selo, Thekelen, Cunthel, dan Wekas. Gunung yang mempunyai ketinggian 3145 mdpl ini mempunyai tiga puncak yang bernama Puncak Syarif, Trianggulasi, dan Puncak Kenteng Songo. Keindahan alam di sekitar Gunung Merbabu bisa Kalian nikmati dengan maksimal saat berada di puncak. Gunung Merbabu adalah gunung berapi yang tidak aktif, maka pendakian ke puncak gunung ini begitu aman. Karena termasuk aman. Melakukan upacara bendera 17 agustusan bisa dilakukan disini.

5. Gunung Lawu

Terdapat di perbatasan Jawa Tengah serta Jawa Timur, Gunung Lawu mempunyai ketinggian 3. 265 mdpl. Bagi anda yang ingin mendaki Gunung Lawu, anda dapat melewati 2 jalur yang biasa digunakan para pendaki, yaitu jalur Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang. Gunung Lawu mempunyai tiga puncak, Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah. Yang terakhir ini adalah puncak tertinggi. Dari puncak, pendaki bisa lihat melihat panorama Gunung Wilis, Semeru, Arjuno, Merapi, dan Merbabu. Sesudah melakukan upacara  hari Kemerdekaan Indonesia di puncak Lawu, Kalian bisa singgah ke beragam tempat wisata di sekitar gunung lawu ini. Salahs atunya yang terpopuler adalah Telaga Sarangan.

6. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung yang terdapat di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Rinjani adalah gunung berapi ke-2 teratas di Indonesia dengan ketinggian 3. 726 mdpl. Gunung Rinjani adalah gunung favorite bagi para pendaki karena keindahan pemandangannya. Walau pada bulan Agustus di puncak ini biasa terjadi angin kencang, namun gunung ini tetaplah ramai didaki oleh para pencinta alam yang menginginkan merayakan Hari Kemerdekaan di puncak gunung tersebut. 


7. Gunung Papandayan



Gunung Papandayan adalah gunung api strato yang terdapat di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung dengan ketinggian 2665 mdpl ini  terletak 70 km disamping tenggara Kota Bandung. Di Gunung Papandayan, ada banyak sekali kawah yang terpopuler, yaitu salah satunya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. selain , ternyata Gunung Papandayan juga mempunyai Padang Edelweis yang masuk dalam daftar 4 Padang Edelweis terbaik se-Indonesia.


Sebentar lagi Long Weekend nih, sudah persiapin liburan kamu belom?
Mau pergi kemanapun dan kapanpun menggunakan transportasi Pesawat dan Kereta api. Di Padiciti lebih Mudah dan lebih Hemat.
Previous Post
Next Post

post written by:

1 komentar: