Jembatan yang dipenuhi oleh Batu bacan, Hanya di tempat ini



Saat anda akan mengelilingi Halmahera Selatan, coba lah untuk berkunjung ke Pulau Bacan, anda akan menemukan sesuatu bangunan yang unik oleh warga sekitar yaitu adalah Jembatan Bacan. Jembatan ini menghubungkan antara 2 perkampungan padat penduduk, yaitu Desa Amasing Kota dengan Desa Amasing Kota Utara di sisi satunya.


Yang unik dari jembatan ini adalah, pada bagian tengah jembatan, terdapat batu bacan yang dulu sempat nge-tren. Batu berwarna hijau ini disusun menjadi lantai 'keramik' yang menghiasi jembatan selebar kurang lebih 2 meter itu. Lantai batu bacan ini semakin membuat indah jembatan tersebut.



Awal mula dibangunnya jembatan ini yaitu pada sekitar tahun 2011 silam. Saat itu, inisiasi pembangunan jembatan dilakukan oleh warga setempat. Secara swadaya, mereka bergotong-royong membangun jembatan tersebut.

Setidaknya butuh kurang lebih 2 ton batu bacan untuk membangun jembatan ini. Mereka bergotong royong untuk membawa batu bacan sebanyak itu guna membangun jembatan sepanjang 38 meter tersebut.


Asal traveler tahu, batu bacan sebenarnya tidak ditambang di Pulau Bacan. Justru batu berharga ini ditambang dari pulau tetangganya, yaitu Pulau Kasiruta. Di pulau itulah ada Kampung Doko dan Palamea, sehingga dikenal sebagai batu bacan Doko.

Ada kurang lebih 38 karung batu yang dibawa warga dari Kasiruta menuju ke Bacan saat itu. Semua digunakan untuk membangun jembatan. Kemudian untuk lantainya, batu bacan yang masih mentah ini dipotong dengan ukuran kurang lebih 20 cm-an, untuk dipasang di bagian tengah jembatan.

Jadilah bagian tengah jembatan dihiasi oleh lempengan batu bacan. Lama kelamaan karena gesekan dengan alas kaki warga, batu bacan ini mulai muncul warna aslinya, yaitu kehijauan. Sebelumnya, warna batu ini hanya hitam biasa.


Sejak selesai dibangun, hingga sekarang Jembatan Batu Bacan menjadi spot tersendiri untuk didatangi traveler. Tak jauh dari jembatan ini, berdiri Masjid Kesultanan Bacan yang sangat bersejarah.

Mau pergi kemanapun dan kapanpun menggunakan transportasi Pesawat dan Kereta api atau menginap di Hotel. Di Padiciti lebih Mudah dan lebih Hemat.

Banyak promo menarik di Padiciti. 
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: