MERASAKAN NIKMATNYA SUASANA KERAJAAN DI PURO MANGKUNEGARAN



Tak lengkap berwisata ke Solo dan mengingat sejarah apabila tidak mengunjungi Kerajaan Mangkunegaran yang berlokasi sangat strategis yaitu di pusat kota. Taman Kerajaan dan ruangan tertata rapi, mengingatkan saat membaca komik kerajaan yang indah gambarnya. Mangkunegaran adalah ibarat Pangeran Sambernyawa yang sudah digembleng kerasnya kehidupan sejak kecil yang seperti Puro Mangkunegaran kokoh bertahan di tengah arus modernisasi.



 Dibandingkan dengan Kasunanan Surakarta, Mangkunegaran lebih terbuka dan pengunjung lebih leluasa menikmati suasana Puro Mangkunegaran. Istana Mangkunegaran berdiri sejak tahun 1757.



Pada awalnya belum ada pendapa dan pada pemerintahan Mangkunegara IV dibangun pendapa pada tahun 1866. Angka ini tertera pada lambang yang ada di pendopo. Coraknya pun mengadopsi gaya Jawa dan Eropa. Cikal bakal Mangkunegaran adalah Perjanjian Salatiga yang ditandatangani pada tanggal 17 Maret 1757 di Salatiga. Sebelumnya, wilayah Mataram dibagi dua menjadi Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta melalui Perjanjian Giyanti oleh VOC.

 Raden Mas Said yang bergelar Pangeran Sambernyawa terus memberontak terhadap VOC, dan atas dukungan Sunan mendirikan kerajaan sendiri. Setelah mengunjung Mangkunegaran, jangan lupa pula menikmati sensasi Kampung Batik Kauman.


Mengasikan sekali ya jika bisa berkunjung ke Kerajaan di Puro Mangkunegaran ini, kapan rencanain Liburan kamu sambil mengenal sejarah Solo ini. Yuk berangkat, Pesan Tiket nya di Padiciti.com aja. Untuk semua transportasi Tiket Kereta Api, Tiket Pesawat, Tiket bus.

Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: