BOROBUDUR, KEUNIKAN WARISAN DUNIA YANG TAK BOSAN DIRINDUKAN



Borobudur adalah candi warisan dunia yang sudah terdaftar di UNESCO. Candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia ini terletak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. 





Menurut bukti-bukti sejarah, Borobudur ditinggalkan pada abad ke-14. Dunia mulai menyadari keberadaan bangunan ini sejak ditemukan 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles, yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jenderal Inggris atas Jawa. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. 



KEUNIKAN BOROBUDUR 


Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang di atasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha. 


Borobudur memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia. Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma). Tak kurang 1.460 panel relief indah yang terukir pada dinding dan pagar langkan. Semakin lengkap pengetahuan dan kecintaan kita terhadap warisan dunia ini ketika melihat langsung. Padiciti akan menjadi teman menyenangkan dan inspiratif ketika mengunjungi Candi Borobudur.




Jadi ingin jalan-jalan ke Borobudur ya.. yuk pesan aja transportnya di sini, selalu ada diskon menarik pemesanan tiket kereta api atau tiket pesawat. Jangan sampai ketinggalan.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: