Meskipun Berpuasa, Namun Kondisi Tubuh Tetap Fit




Puasa sebulan penuh namun menjaga kesehatan jangan pernah kita abaikan. Menjaga kesehatan bukan harus banyak tidur yang sebetulnya menyebabkan badan menjadi mudah lemas. Berasumsi bahwa tidur adalah berpahala. Agar lebih optimal, kita tetap perlu tetap istirahat, namun secukupnya saja. Saat Ramadan, ini pola tidur orang berpuasa memang berubah karena akan bangun lebih pagi untuk sahur. Apabila kita tidur di atas pukul 11 malam, maka cobalah tidur pada jam 9 malam. 


Selepas sahur dan melaksanakan sholat subuh, nggak ada salahnya tidur sebentar agar kondisi saat beraktivitas di pagi hari menjadi lebih fresh. Setelah seharian berpuasa, pola makan saat berbuka juga akan membantu kondisi badan menjadi fit. Biasanya saat berbuka, godaan berbagai keinginan menyantap makan berat sehingga faktor perut bisa menjadi kaget. Nah, dampak negatif lainnya adalah ketika melaksanakan ibadah sholat yang menjadikan perut tidak nyaman. Disarankan agar makan pertama saat berbuka adalah cukup 3 buah kurma dan segelas air putih atau segelas the hangat seperti. Setelah melaksanakan sholat maghrib, kita bisa menyantap camilan seperti kolak atau atau makanan ringan sejenis. Menikmati makanan ringan seperti kolak pun sebaiknya cuga secukupnya karena masih ada kewajiban sholat Isya. Bila kita menikmati buka puasa secara bertahap maka selain tubuh tetap terjaga kesehatannya. 

Selama berpuasa sebaiknya kita memerhatikan kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan, contohnya karbohidrat. Zat ini sangat penting karena berfungsi sebagai sumber energi selama menjalani saat berpuasa. Untuk mendapatkannya, kita bisa konsumsi gandum, beras, atau produk gandum lainnya. Selain itu makanan kaya protein seperti kacang-kacangan, telur, ikan, ayam dan daging juga perlu untuk dikonsumsi. Selanjutnya, kita tinggal menyeimbangkan dengan sayuran dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Terakhir, lengkapi dengan susu karena nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat membantu Anda mendapatkan tubuh yang fit meski dalam kondisi puasa seharian. Jika ingin lebih praktis, kita bisa memilih susu siap saji seperti Bear Brand yang mengandung 100 persen susu murni tanpa bahan pengawet. Selain praktis, susu kemasan kaleng ini juga mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap fit selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan nanti. Untuk mendapatkan manfaatnya, kita bisa awali dengan satu kaleng saat sahur setiap harinya. 




Meskipun berpuasa namun mulai membiasakan diri untuk berolahraga juga bisa menjaga tubuh tetap fit. Namun pada saat puasa nanti, sebaiknya pilih jenis olahraga ringan yang tak menghabiskan banyak energi, misalnya jalan santai, jogging, atau bersepeda yang kita lakukan sore hari menjelang berbuka. Dengan menerapkan beberapa tips di atas, diharapkan kesehatan kita akan tetap terjaga.


Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: