Tips perjalanan mudik kamu aman dan nyaman


Mudik telah menjadi tradisi saat bulan ramadhan untuk bertemu keluarga atau pasangan tercinta yang mungkin  sudah tidak bertemu selama bertahun-tahun. Banyak dari sebagian orang tidak mengetahui kondisi dari perjalanan saat mudik. Maka simak tips-tips untuk perjalanan mudik kamu:

1. Mudik dengan kendaraan pribadi? Cek dulu kondisi kendaraan anda

Disaat perjalanan jauh telah dimulai, untuk bertemu dengan sanak keluarga/ saudara tercinta. Membawa kendaraan pribadi adalah salah satu hal yang terpilih dari transportasi lain. Tidak mungkin kamu mau kendaraan kamu mogok dijalan, atau melakukan pengeluaraan besar untuk memperbaiki kendaraaan saat mudik telah berlangsung.
Pastikan sebelum melakukan perjalanan mudik, selalu cek kendaraan pribadi anda. Seperti oli, rem, pengapian mesin, kondisi ban dan lain-lain. Jadikan perjalanan kamu lebih aman dan nyaman dengan kendaraan pribadi.

2. Jangan menjadi pusat perhatian dengan perhiasan 

Jangan selalu tampakan perhiasan yang menjadi sudut perhatian orang lain, simpan perhiasan, menggunakan box emas atau didalam penyimpanan yang kamu punya. Jika ingin menggunakan sebaiknya sesudah sampai di lokasi mudik ya, karena anda akan melakukan perjalanan dengan orang-orang yang mungkin tidak anda kenal. 

3. Simpan smartphone mu sekarang

Saat menggunakan gadget untuk bermain atau berchatting, memang bisa membuat waktu berasa lebih cepat saat perjalanan. Tapi ketika kamu menggunakan transportasi umum, sebaiknya jangan gunakan terlalu sering handphone kamu. Karena selain perhiasaan, gadget adalah salah satu target untuk penjambret apalagi handphone kamu tipe terbaru.

4. Katakan tidak dengan pemberian makanan/ minuman apapun dari orang lain

Modus perampokan dengan membius korban atau menggunakan makanan dan minuman untuk membuat korban menyerahkan barang berharganya sudah sering terjadi. Antisipasi dengan menolak pemberian makanan atau minuman dengan orang yang tidak dikenal.

5. Nyalakan GPS di smartphone anda

Nyalakan GPS di smartphone anda, selalu bagikan kabar terkini anda dengan pasangan dan keluarga tercinta atau install aplikasi shared location yang kini sudah banyak tersedia di aplikasi store handphone anda. Agar pasangan anda dan keluarga anda tau lokasi anda secara terbaru.
Simpan nomor-nomor darurat untuk di hubungi dalam keadaan genting, seperti saudara atau keluarga anda. Berikan keamanan ekstra terhadap diri anda selain menggunakan GPS. 

6. Jaga kondisi tubuh

Jagalah kondisi tubuh anda dengan tidur selama 6-7 jam selama sehari sebelum berangkat. Jangan memaksa diri ketika mudik. Selalu bagi waktu untuk diri anda atau keluarga anda, beristirahat di rest area terdekat.
dan untuk ibu hamil selalu cek terlebih dahulu kondisi dengan dokter yang berpengalaman, jika memang tidak memungkinkan sebaiknya simpan mudiknya untuk tahun depan ya.

7. Jaga agar pikiran anda tidak kosong

Kejahatan dalam bentuk hipnotis sudah marak terjadi saat mudik ramadhan ini. Banyak kejadian-kejadian yang dilakukan dengan menepuk pundak atau hal lainnya dalam keadaan pikiran kosong. 
Sebelum berangkat, sebaiknya jaga agar pikiran kamu tidak kosong, seperti selalu mengingat tuhan saat perjalanan atau mengingat keluarga tercinta di jalanan karena saking kangennya. hehe

Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: